Sunday, 16 April 2017

Fakta Sejarah Sebelum Imperialisme dan Kolonialisme Barat

Ada banyak yang berubah di dunia pasca imperilisme yang di usung Belanda, dan Kolonialisme oleh Inggris. Faktanya masyarakat juga menderita pada zaman tersebut.

Berikut sejarah unik sebelum imperialism dan Kolonialism menjajah dan mengubah banyak hal di dunia.

1. Titik Nol Meridian

Pertama kalinya titik Nol Meridian adalah kota Mekkah Al Mukarramah. Kiblat dijadikan sebagai pusat, dan setelah itu baru membagi belahan dunia menjadi barat, timur, selatan, utara dan sesuai arah penjuru mata angin.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya peta yang dibuat oleh ahli geografi muslim. Baru setelah muncul ahli geografi barat, mereka bersepakat menjadikan Greenwich, London sebagai titik Nol Meridian. Ini dilakukan oleh Kerajaan Protestant Angelikan Inggris.

2. Samudra Persia Adalah Samudra Hindia

Pada peta yang berkembang pada abad ke 9 Masehi hingga 10 Masehi, Lautan Hindia belum dikenal. Waktu itu namanya adalah Samudra Persia. Persia Saat itu salah satu kekuatan Imperium Persia yang kuat. Persia sendiri adalah wilayah yang sekarang kita tahu sebagai Iraq dan Iran.

Ketika imperialism barat di mulai dan akhirnya mereka berkuasa, nama Samudra Persia diubah. Nama barunya adalah yang kita kenal dalam peta terbaru. Itu adalah Samudra Hindia.

3. Sumatra Dulu Bernama Andalusia

Pernahkah mendengar Andalusia. Tepat is adalah nama dari daratan eropa yang indah dan subur, yang sekarang kita kenal dengan spanyol. Nah dulu para pengembara dari Europe (barat) Arab (West Bank) juga mengenal Andalusia from the East.

Tahukah kalian bahwa Andalusia from the East adalah Sumatra. Mereka menamai pulau ini dengan Andalusia karena faktor kesamaan kondisi Alam. Keindahan dan kesuburan tanahnya seperti Andalusia di benua eropa.

Mungkin sekarang kita hanya tahu Pulau Sumatra memiliki julukan sebagai tanah Andalas. Atau mendengarnya sebagai julukan pulau Sumatra. Paling menyedihkan adalah pernah dengar kalau semen andalas ditambang di Sumatra (Lhoknga, Aceh Besar).

3. Maluku itu Jazirah Al Mulk

Jazirah bermakna daratan yang dikelilingi oleh lautan. Kita mengenal, atau sering mendengar istilah Jazirah Arab. Mungkin tidak sedikit yang mengira Jazirah sebutan untuk wilayah yang terdiri dari padang pasir. Padahal tidak demikian.

Para penjelajah atau pengembara Arab telah mengenal Maluku dengan nama Jazirah Al Mulk. Mereka menyebutnya Jazirah karena daratan ink dikelilingi lautan. Begitulah mereka menamainya. Begitulah dulu Maluku dikenal.

4. Laksamana Malahayati itu Bajak Laut

Ini adalah tuduhan keji penulis sejarah barat. Panglima angkatan laut perempuan dari Aceh ini dituduh sebagai perompak. Padahal dia melaksanakan tugas negara untuk mengamankan Lautan Selat Malaka.

Dia dituduh menyerang kapal dagang milik VOC. Padahal kapal tersebut ditumpas karena membawa angkatan bersenjata untuk mensukseskan monopoli perdagangan dan penjajahan.

Itu dulu ya, lain kali akan kita bahas lebih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment