Monday, 1 May 2017

Kemanusiaan : Breuh Si Cupak Untuk Somalia

Panas dan kekeringan melanda Somalia. Tak kurang dari seribu orang meninggal dunia setiap harinya dikarenakan kelaparan. Setelah menahan setiap lapar dan haus yang mungkin telah membunuh nafsu mereka sebelumnya.

Bencana Somalia sudah sepatutnya jadi perhatian internasional. Hanya saja beritanya tak semarak berita pilkada Jakarta. Atau tak secepat tanggapan aktifis HAM negeri sama dicambuknya dua makhluk pelanggar hukum terburuk dan menjijikkan yang ditangkap di Darussalam.

Kadang saya terfikir, ada orang yang bisa membiarkan orang kelaparan, seolah it bukan hak yang asasi. Malah mereka lebih memilih membela para pelanggar hukum, ketimbang membangun solidaritas.

Kembali ke bencana yang menimpa Somalia. In cobaan buat dunia, cobaan buat semua manusia. Saya fikir dunia berdosa jika mengabaikan mereka. Mereka dicoba dengan lapar dan haus, kita dicoba dengan batas rasa sosial dan kemanusiaan.

Akan menjadi bencana besar atas moralitas dan solidaritas jika kita diam. Diam kita untuk Somalia, sama dengan membiarkan mereka mati. Membiarkan orang lain mati karena lalainya kita adalah kriminal. Kita pembunuh.

Sekarang banyak lembaga kemanusiaan mulai menggalang rasa kemanusiaan kita. Menyentuh hati kaya yang siap menderma. Tidak perlu banyak, sicupak saja. Sicupak it sama dengan sepuluh ribu.

Tidak akan kita lapar dan mati hanya karena menahan sekali makan nasi bungkus yang harganya melebihi sicupak beras. Atau sama seperti dua galon air RO yang harganya serious satu galon. Bisa juga kita samakan dengan dua botol air mineral ukuran besar.

Tidak sulit untuk membantu. Hanya saja kita may atau tidak. Kits bisa berkampanye, mengajak banyak orang menyisihkan sedikit beras untuk saudara kita. Menngalang bantuan secara individual, untik sama-sama menyerahkan ke lembaga yang kompatible untuk menyalurkan bantuan kita.

Sebut saja lembaga seperti KRC (Korps Reaksi Cepat) KAMMI, ACT (Aksi Cepat , PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat). Untuk Informasi soal mereka dan programnya silahkan di googling aja. Yuk kita bantu. Kalau kita bantu orang, yakin orang akan bantu kita, tsunami buktinya. Nah, lebih mulia lagi Allah bantu kita.

Sungguh Allah akan membantu siapa saja yang may membantu meringankan permasalahan saudaranya.

No comments:

Post a Comment